SEJARAH SMK Muda Gresik

Sekolah ini berdiri sejak tahun 1990 sebagai inisiatif dari warga Muhammadiyah Cabang Benjeng yang menginginkan adanya sebuah lembaga pendidikan Muhammadiyah yang berorientasi pada bidang kejuruan di wilayah Benjeng. Hal ini dikarenakan pada saat sekolah ini didirikan, jumlah Sekolah Menengah Kejuruan sangat terbatas di wilayah Benjeng dan sekitarnya sedangkan minat masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka ke sekolah kejuruan sangat tinggi.

Untuk itulah, dengan segala daya dan upaya, akhirnya di bawah Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Cabang Benjeng sekolah ini secara resmi dibuka pada tahun 1990 dengan nama SMEA Muhammadiyah Benjeng yang dikomandoi oleh Bapak Abdul Manan sebagai Kepala Sekolah yang pertama.

Animo masyarakat waktu itu sangatlah tinggi terhadap sekolah ini, bukan hanya dari warga Muhammadiyah Cabang Benjeng sendiri tapi juga berasal dari latar belakang dan kecamatan yang lain. Sehingga tidak heran dalam waktu yang singkat jumlah murid sekolah ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

Waktu pertama kali dibuka, sekolah ini menempati lahan seluas 750 m2 di komplek Perguruan Muhammadiyah Benjeng di Jalan Bulurejo No. 33-37 Benjeng. Karena lahan yang sangat terbatas itu, sekolah ini harus bergantian dengan SMP Muhammadiyah 8 Benjeng yang waktu itu harus masuk pada siang hari. Hal ini menyebabkan jam belajar kami yang relatif singkat, Jam pelajaran dimulai pada jam 07.00 dan harus berakhir pada jam 12.00 siang.

Sejak tahun 2014, SMK Muhammadiyah 2 Gresik Menempati lahan baru seluas sekitar 12 hektar di Desa Kelampok No. 21 Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Sekolah ini membuka 2 Kompetensi Keahlian (jurusan) yaitu Administrasi Perkantoran (APK) dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *